Rabu, 26 Februari 2014

PERANGKAT LUNAK APLIKASI DAN SISTEM OPERASI


        Di dalam sebuah PC (Personal Computer) terdiri atas dua bagian yakni hardwar (perangkat keras) dan Software (perangkat lunak). Hardware merupakan seperangkat alat keras komputer yang saling terkait satu dengan yang lainnya. Sedangkan Software dapat dikatakan sebagai suatu program yang dibuat dengan bahasa komputer yang berisi perintah - perintah agar antara Hardware satu dengan yang lain dalam satu rangkaian komputer dapat berinteraksi dan saling bekerja sama untuk menjalankan suatu perintah yang diberikan oleh user. Jadi bisa dikatakan bahwa antara Hardware dan Software merupakan dua bagian yang tidak dapat dipisahkan.

        Perangkat lunak atau Software secara umum dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu Software sistem operasi dan Software aplikasi.
  1. Perangkat Lunak Sistem Operasi (System Software)
     Perangkat lunak sistem operasi adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk menterjemahkan bahasa mesin yang dikenal oleh komputer menjadi suatu bahasa alami yang dapat dimengerti oleh manusia.
Dengan kata lain perangkat lunak sistem operasi ini adalah suatu perangkat lunak yang mengendalikan seluruh kinerja komputer termasuk perangkat input output sistem, sehingga seluruh perangkat yang ada pada komputer mampu mengerti dan memahami setiap keinginan penggunanya.
Berikut beberapa contoh sistem operasi yang berkembang saat ini antara lain:

  • Windows
  • Linux
  • Macintos
  • dll


2.   Perangkat Lunak Aplikasi (Application Software)

     Perangkat lunak aplikasi adalah suatu jenis perangkat lunak yang lebih dikhususkan untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu seperti perhitungan angka, kata, database, data statistik dan lain-lain. Perangkat lunak aplikasi ini berada di bawah suatu sistem operasi, sehingga perangkat lunak aplikasi ini tidak dapat bekerja atau dijalankan tanpa adanya suatu sistem operasi.
Berikut beberapa contoh software aplikasi yang banyak digunakan saat ini, diantaranya adalah :
  • Microsoft Office (Word, Excel, Power Point)
  • Open Office (Text Document, Spread sheet, dll)
  • Serta program aplikasi lain yang digunakan sesuai dengan kebutuhan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar